Kenali Struktur Pencernaan Hewan Ternak

jpg,img

Kenali Struktur Pencernaan Hewan Ternak Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana sih sistem pencernaan pada hewan ternak, hewan yang sering dikonsumsi oleh manusia ini? Hewan ternak yang dimaksud disini ialah berupa hewan sapi yang dimana sangat banyak manfaat bagi manusia. Semua organ pada sapi ini sangatlah pentih bagi kehdupan manusia dimuka bumi ini. Maka apa saja sih struktur sistem pencernaan yang ada didalam tubuh hewan yang satu ini? Simak terus yaaa!!!

Pada sistem pencernaan sapi ini sering disebut orang dalam sistem pencernaan pada hewan yang termasuk golongan hewan ruminansi, atau hewan yang memakan atau memamah makanannya dua kali. Lambu pada hewan sapi ini memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibanding dengan lambung pada manusia. Lambung ini akan menjadi suatu organ pencernaan yang sangat penting bagi sapi atau hewan ruminansia sau ini. Hewan yang tergolong ruminansia ini memiliki ekitar empat bagian lambung didalam tubuhnya, simak terus yaa.

Yaitu: Rumen Retikulum,Omasum,dan Abonasum.

1. Rumen atau (Perut Besar)

Rumen atau perus besar ini ialah organ terbesar yang ada didalam lambung yang bahkan mampu mempenuhi rongga perut sapi dibagian kiri, rumen ini juga merupakan bagian lambung kedua yang memiliki struktur yang terhubung. Dan pada sapi dewasa, volume di keduanya akan bisa mencaapi sekitar 200 liter. Pada bagian ini akan ada terjadinya sistem pencernaan yang dibantu dengan mikroba atau bakteri. Pada saat sapi istirahat makanan akan kembali ke mulut dan akan dikunya untuk kedua kalianya, dan setelah dikunyah makanan akan masuk ke retikulum atau (perut jala).

2. Retikulum atau (Perut Jala)

Dibagian yang satu ini makanan akan mengalami proses fermentasi dengan bantuan bakteri yang bernama anaerob dan protozoa. Dan didalam bagian perut ini akan ada terjadinya proses absorpsi atau penyerapan dan penyaringan pada benda asing yang masuk bersama makanan sehingga tidak masuk ke omasum (perut kitab)

3. Omasum atau (Perut Kitab)

Bagian yang memiliki struktur epitel yang dimana berlapis-lapis dan juga berbentuk seperti lembara, di dala organ satu ini ada makanan yang dicerna dengan bantuan enzim pencernaan yang selanjutnya akan masuk ke abomasum.

4. Abomasum atau (Perut Masam)

Disini makanan akan dicerna dengan bantuan enzim pencernaan pepsin yang dimana akan dihasilkan oleh abomasum ini. Organ yang termasuk dilengkapinya sel epitel berkelenjar yang menghasilkan berupa lendir atau mukus,asam hidrolek, dan enzim yang berupa proteolitik. Dan akan makanan akan bergerak menuju usus halus, yang dimana panjang dari usus halus sapi ini bersekitaran mencapai 40 meter. Di dalam usus halus terjadinya proses absorpsi dan fermentasi yang selanjutnya makanan akan dikeluarkan melalui anus berupa kotoran.

BACA PENGETAHUAN LAINNYA: Kenali Diagnosis Pada Kecacatan Mata Astigmatisme

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top