Mengenal Bagian-Bagian Yang Ada Pada Bumi. Ayok Ketahui!!!

jpg,img

Mengenal Bagian-Bagian Yang Ada Pada Bumi. Ayok Ketahui!!!. Sebelum kalian ingin mengetahui tentang bagian-bagian pada bumi ini yang terluar hingga yang terdalam yaitu kerak bumi, alangkah lebih baiknya kalian harus mengetahui apa itu bumi. Bumi adalah planet ketiga dari bagian yang dekat oleh Matahari dan merupakan planet terpadat hingga planet terbesar kelima dari delapan planet yang ada di sistem Tata Surya kita yaitu Bima Sakti, bumi ini juga merupakan planet satu-satunya yang dapat dihuni oleh berbagai jenis mahkluk hidup.

Dan secara garis bumi ini memiliki lapisan yang terdiri atas beberapa bagian, yaitu sebagai berikut: Kerak Bumi atau(crust) yang seperti cangkang atau kulit telur, Selimut (mantle)yang seperti putih telur, dan yang terakhir Inti atau (core) yang seperti berbentuk kuning telur.

Berikut ini adalah penjelasan tentang tiap lapisan yang ada pada bumi:

Inti Bumi: Inti dari bumi memiliki dalam yang duperkirakan sekitar 3.000 kilometer di bawah permukaan bumi dan bagian ini biasanya berbentuk seperti bola yang berisi mengandung bahan seperti besi nikel. Inti bumi ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu Inti luar, dan

Inti Luar: Inti luar pada bumi berada di bawah kedalaman sekitar 2.890 sampai 5.150 kilometer perumukaan bumi, inti luar pada bumi memiliki ketebalan sekitar 2.220 kilometer yang tersusun dari bahan seperti besi, nikel, sulfur, dan oksigen. Material ini berbentuk logam yang cair karena kondisi yang panas, apa kalian tahu temperatur di inti luar bumi memeiliki derajat sekitar 4.000-5.000 derajat celsius.

Inti Dalam: Inti bumi bagian dalam ini berkedalaman yang kurang lebih mencapai 5.150-6.370 kilometer di bawah permukaan bumi, inti di pusat bumi yang sangat padat memiliki ketebalan sekitar 1.250 kilometer. Suhu di dalam bumi sangatlah panas, penelitian pernah meneliti suhu inti bumi memiliki derajat sekitar 5.000 hingga 6.000. Kandungan yang tersusun juga banyak yaitu terdiri dari besi, nikel, sulfur, karbon, oksigen, silikon, dan potasium.

Mantel (mantle): Mantel bumi berada di atas inti bumi yang dengan ketebalan sekitar mencapai 2.900 kilometer, dan sebanyak 80% total isi bumi berada di lapisan mantel ini. Mantel bumi dibagi menjadi 2 bagian yaitu:

Mantel Dalam: Mantel bagian dalam ini berada kurang lebih sekitar 300-2.890 di bawah permukaan pada bumi, temperatur di permukaan ini atau mantel dalam ini bertekanan 3.000 derajat celsius. Berdasarkan arud dan geraknya lapisan mantel dalam bumi dibedakan menjadi:
A. litosfer (keras)
B. Astenosfer (cair)

Mantel Luar: Mantel luar bumi jauh lebih tipis dibanding dengan mantel dalam, mantel luar berada sekitar di kedalaman 10-300 km dibawah permukaan bumi

Kerak: Kerak ini merupakan lapisan bumi yang paling luar dan yang paling keras, tapi ternyata kerak ini juga termasuk la[isan tertipis dibanding lapisan yang lainnya. Lapisan ini juga dikenal lapisan sial, dan lapisan sial dibagi menjadi 2 yaitu:

Kerak Benua: Kerak Benua memiliki ketebalan yang lumayan tipis yaitu sekitar 15 sampai 75km saja, dna kerak benua hanya bisa mencakup sekitar 40% dari luas seluruh permukaan di bumi ini.

Kerak Samudra: Kerak Samudra adalah lapisan padat yang berada diluar kulit bumi, tebalnya hanya sekitar 5-10k. Kerak Samudra lebih tipis dari kerak benua karena usinya yang relatif lebih muda. Lapisan ini cuma membentuk 60% permukaan padat kulit bumi dan terus menerus terbentuk sebagai rangkaian pegunungan api di dasar samudra. Samudra memeiliki bentuk batuan yang berjenis batuan basal yang berwarna gelap, halus, dan berpasir.

Baca Juga: Belajar Mengetahui Tentang Asal-Usul Virus Covid-19 Atau Corona

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top