Mengenal Lebih Dalam Komponen Sepeda Motor. Pada pembahasan sebelumnya kan kalian sudah mengenal beberapa komponen yang ada pada sepeda motor, ya namun dipembahasan seelumnya itu masih belum lengkap atau rinci. Dan dipembahasan sekarang akan dituntas habis mengenai komponen-komponen apa saja didalam sepeda motor kalian. Sebenarnya ada sekitar 10 komponen yang ada didalam sepeda motor kalian, dan sebelumnya sudah disebutkan 5 macam komponen yang ada di pembahasan sebelumnya, yang artinya kita sekarang juga akan membahas 5 komponen lagi yang ada didalam sepeda motor kalian. Ok tunggu apalagi mari kita bahas yang pertama.
Komponen Di Dalam Sepeda Motor Bagian 2
1. Poros Engkol
Poros engkol atau didalam bahasa Inggrisnya crank shaft ini merupakan salah satu komponen yang dimana mesin sepeda motor yang berfungsi sebagai pengubah gerak naik turunnya torak menjadi garak berputar yang hingga kemudian menggerakan roda pada sepeda motor kalian.
2. Laher atau Bearing Kruk As
Ini juga bisa disebut dengan komponen dalam sepeda motor yang berfungsi sebagai pencegahan kehausan yang mungkinakan terjadi pada silinder liner serta meminimalkan gesekan yang terjadi pada poros engkol sepeda motor kalian didalam.
3. FlyWheel
FlyWheel atau roda gila yang jangan salah diartikan sebagai rodanya yang gila yaaa. Pada komponen yang satu ini ada pada mesin sepeda motor dengan fungsi untuk menyimpan tenaga putar yang berasal dari langkah yang berupaya untuk proses engkol bisa terus terjadi sesuai dengan langkah yang lainnya.
4. Katup,Pegas Katup, dan Pelatuk Klep
Komponen yang digabungkan menjadi satu yang dimana masing-masing memiliki fungsi berbeda. Dimulai dari katup atau valve yang berfungsi untuk menutup dan membuka area saluran masuk dan saluran buang, dan fungsi pegas yang berfungsi sebagai mengembalikan katub sesuai dengan posisinya yang semula dan mampu memberikan tekanan terhadap katub agar tetap bisa tertutup rapat. Sedangkan fungsi palatuk klep ialah untuk memberikan tekanan pada katub untuk dapat terbuka
5. Poros Bubungan,Karter dan Pena Torak
Katub yang terbuka dan tertutup akan berakibat dari adanya poros yang berhubungan dengan oli pelumas yng dimana jatuh pada bagian karter. Dan kemudian torak-torak akan dihubungkannya dengan connecting rod melalui adanya lubang bushing pada pena torak
BACA PEMBAHASA KOMPONEN MESIN SEBELUMNYA: Ikuti Kenali Komponen Mesin Sepeda Motor