Mengetahui Proses Terjadinya Angin Puting Beliung

jpg,img

Mengetahui Proses Terjadinya Angin Puting Beliung. Ok langsung saja kepada intinya, yaitu yang sebelumnya kita kan membahas tentang pengertian tentang angin puting beliung dan sekarang pembahas selanjutnya yaitu tentang Proses terjadinya angin puting beliung terbentuk. Ayo kita bahas pembahasannya.

Bencana alam yang sering terjadi di Indonesia ini di masa musim penghujan atau pancaroba yaitu ialah banjir, dan angin puting beliung. Dan bencana angin puting beliung akan terjadi saat siang atau sore hari, hal ini bisa terjadi karena terbentuknya awan yang bernama kumulonimbus yang menggumpal di atas langit.

Namun dasarnya tidak semua awan kumulonimbus bisa menyebabkan pembentukan terjadinya proses angin puting beliung muncul. Angin puting beliung akan muncul dikarenakannya gesekan yang terjadi antara arus udara yang selalu naik dan turun.

Dalam pembentuknya proses terjadinya angin puting beliung akan melewati beberapa tahapan atau fase, yaitu berikut penjelasanya.

Tahapan Tumbuh Angin Puting Beliung

Pada tahapan atau fase yang pertama ialah akan terbentuknya arus udara di dalam awan dengan tekanan yang cukup kuat, yang naik ke atas. Dan di tahapan yang pertama ini, titik air yang ada di udara masih tertahan oleh arus udara yang akan terus bergerak menuju puncak awan.

Tahapan Dewasa/Akhir

Di dalam tahapan yang terakhir atau dewasa ini akan mulai terjadinya hujan yang dikarenakan arus udara tidak lagi menahan titi-titik air di atas awan. Hujan yang akan jatuh ke tanah menyebabkan gesekan antara arus udara yang naik pada saat masih di udara, dengan di teruskannya status udara yang turun. Dan gesekan tersebut akan membentuk pusaran yang semakin lama, semakin cepat. Pusaran angin inilah yang nantinya kita sebut dengan angin puting beliung. Sesuai dengan proses pembentukan dan namanya, angin ini terjadi saat hujan turun disertai dengan hujan biasa atau bisa dengan hujan es.

JADI ITU DIA PEMBAHASAN KALI INI TENTANG PROSES TERJADINYA ANGIN PUTING BELIUNG, SIMAK PEMBAHASAN SEBELUMNYA KALAU KALIAN KURANG PAHAM OK!!!.

PEMBAHASAN SEBELUMNYA: Pengertian Angin Puting Beliung dan Dampaknya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top