Pengertian Angin Puting Beliung dan Dampaknya

jpg,img

Pengertian Angin Puting Beliung dan Dampaknya. Angin puting beliung adalah salah satu bencana alam di Indoensia dengan latar belakang angin yang berputar dengan kecepatan lebih dari 63km/jam yang bergerak secara garis lurus jangka waktu yang lama pada saat kejadian kurang lebih maksimal 5 menit dengan kecepatan yang dahsyat yaitu mencapai kecepatan berputar hingga ke angka 120km/jam bahkan kadang sampai lebih.

Di sebagaian daerah di Indonesia, masyarakat di berbagai macam daerah menyebutnya dengan berbagai nama yaitu dimulai dengan angin puyuh,angin leyus, atau angin ribut. Dan bahkan di daerah Provinsi Sumatera angin puting beliung ini disebut dengan julukan sebagai Angin Bohorok, sementara itu di negara Amerika sana menyebutkan dengan nama Tornado yang mempunyai kecepatan sampai 320km/jam dan berdiameter 500 meter.

Angin puting beliung ini sering terjadi pada siang hari atau sore hari pada saat musim pancaroba tiba. Angin yang mempu menghancurkan apa saja yang dilewatinya akan diliba habis atau diterbangkan ke udara dengan daya lempar yang sangat tinggi atau dahsyat.

Dampak Angin Puting Beliung

Angin puting beliung ini akan berdampak sangat mengerikan yaitu bisa menghancurkannya area seluas 5 km tanpa adanya angin puting beliung susulan. Dan rumah-rumah warga akan hancur yang disertainya tanaman seperto pohon akan tumbang disebabkan dahsyatnya angin puting beliung tersebut. Tak hanya bangunan atau rumah, makhluk seperti hewan bahkan manusia bisa menjadi korban, karenanya terlempar hingga terbentur ke benda-benda bangunan keras yang ikut masuk ke dalam putaran angin puting beliung tersebut.

JADI ITU DIA PEMBAHASAN KALII INI TENTANG ANGIN PUTING BELIUNG DENGAN DAMPAKNYA, yang mewajibkan kita selalu waspada dikarenakan kita tinggal di negara Indonesia. Negara tropis yang penuh dengan alam namun penuh juga dengan bencana. SELALU WASPADA DAN SERING MEMBACA BERITA OK.

BACA PEMBAHASAN YANG LAINNYA JUGA SEPUTAR TEKNOLOGI YAITU: 14 Komponen Lengkap AC Mobil Beserta Penjelasannya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top