Pengertian resesi dan dampaknya di tahun 2023

jpg,img

Pengertian resesi dan dampaknya di tahun 2023. Resesi atau bisa disebut juga dengan nama familiar yaitu kemerosotan adalah kondisi di suatu produk domestik atau di sebuah pertumbuhan ekonomi riil yang bernilai negatif selama kurang lebih dalam hitungan satu tahun. Jadi apabila pada suatu pemerintahan negara mengalami aktivitas ekonomi yang turun secara bersekala maupun terus-menerus selama kurang lebih dua periode, baru negara tersebut dapat dikatakan dalam mode atau proses berjalanannya resesi.

Dan ini dia penyebab terjadinya resesi pada perekonomian Indonesia pada tahun 2023 mendatang:

1. Inflasi

Inflasi adalah kondisi naiknya harga secara terus-menerus atau bersekala, baik itu harga barang maupun jasa seseorang, adanya kenaikan ini yang berakibatkan pada sistem lemahnya daya beli masyarkat Indonesia yang pada nantinya diikuti juga dengan penurunan produksi barang dan jasa, dan jika dalam jangka waktu lama sampai terjadi hal ini akan mengakibatkan angka pengangguran yang ada di Indonesia akibat di PHK secara masal.

2. Deflasi yang berlebihan

Deflasi ini sangat berpengaruh bahkan membawa pengaruh yang sangat buruk,bisa memicu terjadinya resesi dan deflasi inilah yang dimana sebuah kondisi harga barang dan jasa turun secara atau dalam waktu ke waktu yang akhirnya berimbas pada upah atau gaji dibayarkan mengalami penurunan. Deflasi akan ditandai dengan tanda-tandanya yaitu: penundaan pembelian barang atau jasa sampai harga yang terendah. Jika masyarakat disuatu ekonomi unit yang berbisnis berhenti untuk melakukan aktivitas ekonomi seperti halnya membelanjakan uangnya, atau sebagaimana tidak mungkin kondisi ekonomi yang ada akan berhenti bahkan akan rusak sekalipun.

3. Adanya perkembangan teknologi

Hal ini juga bisa dapat terjadi karena adanya penurunan lapangan pekerjaan yang banyak digantikan oleh teknologi seperti contoh: AI atau Artificial Intelligence dan bahkan sampai digantikan oleh robot, maka dari itu adanya perkembangan teknologi juga bisa menjadi faktor salah adanya resesi yang membuat angka pengangguran meningkat secara drastis ataupun bersekala.

4. Ketidakseimbangan antara produksi dan konsumsi

Ketidakseimbangan antara produksi dan konsumsi dapat menjadi pemicu adanya barang atau jasa yang diproduksi secara berlebihan dengan tingkat konsumsi atau daya beli yang menurun juga bisa membawa kerugian dari yang dihasilkan produsen tersebut. Hal ini akan mendorong terjadinya proses impor secara besar-besaran , bisa memperbesarnya pengeluaran perusahaan, dan akhirnya bisa menjadi pemicu menipisnya pengeluaran keungan perusahaan dalam negeri.

5. Nilai impor lebih besar dari pada nilai ekspor

Terjadinya resesi lainnya adalah nilai impor disuatu negara lebih besar dari pada nilai eskpornya. Hal ini bisa memberikan gejala atau dampak terhadap defisit sebuah anggaran negara dan terjadinya penurunan pendapatan nasional.

Dampak adanya resesi ekonomi pada tahun 2023

1. Dampak resesi ekonomi terhadap pemerintahan

2. Dampak resesi ekonomi terhadap perusahaan

3. Dampak resesi ekonomi terhadap para pekerja

Jadi itulah Pengertian resesi dan dampaknya di tahun 2023 bacalah artikel-artikel yang lainnya contohnya

Baca Juga: Inilah fakta yang harus kalian ketahui tentang Presiden Soekarno

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top