Sejarah Dan Tujuan Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Sejarah Dan Tujuan Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Tanggal 24 Oktober menandai lahirnya Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), yang juga dikenal sebagai Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa. Nama PBB diusulkan oleh Presiden AS Franklin D. Roosevelt dalam Deklarasi PBB pada tanggal 1 Januari 1942.

Sejarah

Penetapan Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa tidak terlepas dari berdirinya Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1945. Ketika Perang Dunia II berakhir pada tahun 1945, negara-negara hancur dan dunia menginginkan perdamaian. Perwakilan dari 50 negara berkumpul pada Konferensi PBB tentang Organisasi Internasional di San Francisco, Kalifornia, AS, dari tanggal 25 April hingga 26 Juni 1945.

Selama dua bulan berikutnya, mereka mulai membahas dan menyusun Piagam PBB. Kami berharap PBB dapat mencegah terulangnya perang dunia seperti yang baru saja dialaminya.

Empat bulan setelah Konferensi San Francisco berakhir, Perserikatan Bangsa-Bangsa secara resmi didirikan pada tanggal 24 Oktober 1945. Tanggal ini ditandai dengan negara-negara yang meratifikasi piagam organisasi tersebut. negara-negara lain.

Lebih dari 75 tahun setelah didirikan, PBB tetap berdedikasi untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional, memberikan bantuan kemanusiaan kepada orang-orang yang membutuhkan, melindungi hak asasi manusia dan menegakkan hukum internasional.

Selain itu, PBB saat ini sedang menetapkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan untuk tahun 2030, yang bertujuan untuk mencapai masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan bagi semua orang. Negara-negara anggota PBB juga telah menyetujui tindakan untuk memerangi perubahan iklim untuk membatasi pemanasan global.

Tujuan

1. Untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional dan mencapai tujuan-tujuan ini, Perserikatan Bangsa-Bangsa akan mengambil tindakan kolektif yang efektif untuk mencegah dan menghilangkan ancaman terhadap perdamaian dan untuk menekan tindakan agresi atau pelanggaran perdamaian lainnya, dan untuk mencapai melakukan hal ini dengan cara damai dan sesuai dengan prinsip-prinsip keadilan dan hukum internasional, dengan mengatur atau menyelesaikan perselisihan atau situasi internasional yang dapat mengakibatkan terganggunya perdamaian.

2. Mengembangkan hubungan persahabatan antar negara berdasarkan penghormatan terhadap prinsip kesetaraan dan penentuan nasib sendiri, serta mengambil tindakan lain yang tepat untuk memperkuat perdamaian dunia.

3. Mewujudkan kerja sama internasional dengan memecahkan masalah-masalah internasional yang bersifat ekonomi, sosial, budaya atau kemanusiaan, dan memajukan serta mendorong penghormatan terhadap hak asasi manusia dan kebebasan mendasar bagi semua orang, tanpa memandang ras, jenis kelamin, bahasa atau agama.

4. Menjadi pusat harmonisasi tindakan bangsa-bangsa untuk mencapai tujuan bersama.

YUK BERKOMPETISI DAN BERPRESTASI

Halo pelajar Indonesia, Ayo uji kompetensimu sekarang juga dengan mengikuti Kompetisi Online dan manfaatkan kesempatan untuk berkembang secara pribadi dan profesional! Sertai tantangan ini untuk mengasah keterampilan, memperluas pengetahuan, dan membangun jaringan yang berharga. Ada banyak sekali kompetisi nasional dan internasional yang tersedia setiap bulannya hanya di Kompetisi.in.

LEMBAGA PENYELENGGARA LEGAL DAN TERDAFTAR DI KEMENKUMHAM HINGGA PUSPRESNAS

Lembaga penyelenggara kompetisi sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-0056982-AH.114 Tahun 2020 serta telah terkurasi sistem puspresnas di https://simt.kemdikbud.go.id/kurasi. Kami sudah berpengalaman sejak tahun 2019 dan sudah melahirkan banyak alumni berprestasi di tingkat nasional hingga internasional loh!!. Yuk buruan tunggu apa lagi segera gabung di Kompetisi.in

TEMUKAN MATERI DAN BIMBEL TERUPDATE

Hayo, siapa yang lagi bingung sama materi belajar di sekolah? Yuk belajar materi tambahan secara online di Website Belajaria!. Belajar bisa kapanpun dan dimanapun. Eits, Kalau masih bingung jangan khawatir!. Ada carilesprivat.com dan lesprivatsidoarjo.com yang siap membantu kalian belajar dengan tentor yang kompeten, komunikatif, dan berpengalaman loh!. Tunggu apa lagi? Yuk join sekarang! Ada FREE BIAYA PENDAFTARAN dan FREE SATU BULAN LES juga sebelum kuota terpenuhi. 

PLATFORM KOMPETISI ONLINE PERTAMA DI INDONESIA

Yuk ikuti kompetisi online yang terdaftar dan legal di kompetisinasional.comolimpiadekita.compusatbelajar.onlinekompetisionline.comkompetisi.co.idajangjuara.com, dan olimpiade.in pasti deh bakal berkesan dan semangat terus untuk berprestasi!! Yuk daftar di kompetisi.in!Navigasi pos

1 komentar untuk “Sejarah Dan Tujuan Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)”

  1. Pingback: PROFIL UNIVERISTAS HASANUDIN (UNHAS) CARI TAHU YUK!! - Kompetisi.co.id | Kompetisi Pelajar Nasional

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top